Cinta Indonesia Cinta Batik

by - 9:07:00 AM


Batik merupakan salah satu kekayaan Bangsa Indonesia yang semakin terkenal dan semakin dicintai. Hal ini ditandai dengan makin maraknya kegiatan-kegiatan, berbagai Lembaga dan organisasi, serta perorangan yang melibatkan batik didalamnya sebagai bentuk appresiasi. Terlebih lagi saat negara lain mengklaim batik sebagai hasil kebudayaan mereka, serentak masyarakat Indonesia tercinta gigih mempertahankan batik sebagai kebudayaan asli Bangsa ini. Sehingga batik serta merta menjadi trend di kalangan masyarakat, kita beramai-ramai memakai batik sebagai tanda batik milik kita. Kita patut bersyukur atas kejadian tersebut, berkatnya bangsa Indonesia menyadari pentingnya melestarikan batik dan tiap tanggal 2 Oktober sejak tahun 2009 diperingati sebagai hari Batik Nasional. Walaupun perlu dicatat dan dijadikan pembelajaran kedepannya agar kita jangan sampai mencintai batik hanya karena ego untuk bersaing dengan negara lain. Tapi karena kita sadar bahwa kebudayaan adalah ciri khas dan nilai dari Bangsa Indonesia. Kita cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

Sejak zaman dahulu batik adalah kerajinan yang bernilai seni tinggi, sebagian besar wanita khususnya di pulau jawa menjadikan keahlian mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Seperti juga halnya dikalangan keluarga Indonesia, para orang tua kita selalu lekat dengan barang-barang mereka yang berbatik. Hingga dulu batik identik dengan mereka yang telah berusia lanjut, atau selalu saja memberikan penilaian dewasa bagi mereka yang memakai barang-barang berbatik. Tapi seiring perkembangan jaman dan kreatifitas yang semakin tinggi, batik kini dapat dipakai oleh seluruh kalangan dan usia.

Dengan merebaknya trend berbatik ini di masyarakat sehingga menarik banyak minat dan perhatian dari para wirausaha untuk menjadikan batik sebagai prospek bisnis yang menjanjikan. Berbagai toko batik dan butik batik berlomba-lomba menyediakan barang-barang berbatik seperti baju, tas, sepatu, pernak-pernik, dan lain sebagainya. Ada juga yang memanfaatkan teknologi dengan membuat batik online, sejenis online shop yang lebih efisien dalam menarik pelanggan. Tentu saja batik online memiliki kelebihan dan kekurangan untuk pelanggan. kelebihannya antara lain adalah menghemat waktu, dapat diakses dimanapun, jarak tidak lagi menjadi masalah, lebih mudah memilih produk, dan barang diantarkan langsung kerumah. Sedangkan kekurangannya adalah jaminan kualitas yang masih diragukan karena kita tidak memeriksanya seperti jika kita berada di toko batik atau butik batik, serta ukuran yang belum tentu sesuai dengan ukuran kita untuk barang seperti pakaian, proses pengiriman yang kadang bermasalah baik waktu, alamat, ataupun barang rusak selama proses pengiriman dan yang paling utama adalah kepercayaan pelanggan.

Telah banyak batik online yang beredar di internet dan di jadikan online shop oleh masyarakat. Batik online tersebut hanya sekedar menjual untuk mendapatkan uang. Tapi mari kita kunjungi berbatik.com, batik online yang tidak sekedar menjual tetapi lebih kepada melayani bangsa dan mendidik generasi. Ide ini sangat kreatif dan inovatif sehingga perlu diapresiasi. Berbagai hal menarik dan patut diacungi jempol terdapat dalam situs berbatik.com

Berbatik.com menyediakan sarana dimana tercipta komunikasi antara pengrajin batik dengan konsumen. Dengan kata lain berbatik.com memuaskan kedua belah pihak. Pengrajin atau pengusaha batik memiliki kesempatan untuk mempromosikan dan meningkatkan produksi batik mereka sesuai kemauan konsumen. Dan konsumen memperoleh informasi lebih tentang produk dan dapat menyalurkan saran dan keinginan mereka serta yang paling penting karena produk yang diperoleh merupakan hasil karya pilihan dari para penjual dan desainer pilihan. Kita memiliki para pengrajin batik lokal yang berpotensi besar namun mungkin tak mampu dilihat hasil karyanya karena berbagai keterbatasan. karena di berbatik.com, karya tersebut tidak hanya dilihat oleh bangsa Indonesia tapi dunia.

Belanja sekaligus menambah wawasan mengenai batik, hal ini tersedia di berbatik.com. Ibaratnya terdapat perpustakaan dalam sebuah toko batik atau butik batik. Terdapat blog di berbatik.com yang memuat berbagai artikel tentang pengusaha atau pengrajin batik, serta event yang berhubungan dengan batik. Hal ini tentu dapat memotivasi dan referensi bagi siapa saja yang tertarik dan mencintai batik.

Kepedulian pada bangsa Indonesia, dimana masih banyak rakyatnya yang berada dibawah garis kemiskinan. Berbatik.com telah membuktikan hal tersebut dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan melalui kegiatan "Hangatkan Indonesia dengan Selimut untuk Ibu Pertiwi". 
images from blog.berbatik.com

Situs seperti inilah yang dibutuhkan oleh negeri ini, semoga semakin banyak situs yang seperti ini dengan mengusung tema lain yang bermanfaat untuk melestarikan budaya bangsa dan mencerminkan rasa cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Seperti yang tercantum dalam core values berbatik.com "Be bold, be bright, be sharp, there is nothing more deliberating than being true. Let's wear our self with pride"

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Batik 

You May Also Like

0 comments

Instagram