Any job desc, MT-ers?

by - 8:36:00 AM

Sesuai janji saya kemarin, setelah posting Management Trainee saya janji melanjutkan pembahasan mengenai hal apa saja yang dikerjakan oleh MT. Biasanya kan setiap posisi pekerjaan memiliki job desk, nah kalau kamu jadi MT kamu bakal ribet menjelaskan ke orang tua atau temen yang nanya tentang job desk MT. Jelasin apa itu MT ajah  udah ribet, gimana menjelaskan MT bkin apa. hehehe. Soalnya saya mengalami ini, kadang bingung kalo ada yang nanya kerjaanya apaan. Biasanya milih senyum dan jawab simple "masih training" sambil pasang muka "abaikan saya plis".

Setelah kamu jadi MT, kamu bakal diperkenalkan profil perusahaan. Dan yang menggugah adalah "MT itu calon-calon pemimpin" itu kalo kamu lulus MT. hehehe. Jangan keburu senyum sumringah, karena proses tidak bakal seindah harapannya. Karena MT merupakan proses untuk mempersiapkan "pimpinan" maka program ini juga gak main-main. Ibaratnya MT itu kamu lanjut program magister "business process expert" selama setahun. Ada kurikulumnya, sampai detail program development berupa training dan on the job training plus Assessment tiap 3 bulan. Gimana? silahkan cobain.

Trus pasti pada nanya kalo MT belajar, dapat gaji gak? iya dapat lah. Dan jangan main-main yah, ada proses cut or elimination kalau dalam waktu 3 bulan kamu gak ada progress. lahhh, iya dong. Trus nanya lagi kalo resign gimana? nah, jika selama training kamu dapat jodoh atau minat jadi TKI ke luar negeri dan ingin resign, boleh aja tapi kamu dapat penalty :D. bukan tendangan ke gawang, tapi semacam punishment dengan nominal yang ditentukan di kontrak. Biasanya perusahaan yang "baik hati" nominal penaltynya bikin kamu "betah" jadi MT :D *devilsigh*.

Nah, program MT tiap-tiap perusahaan beda-beda. Ada yang sesuai dengan yang saya posting, ada juga yang beda. Semakin baik manajemen suatu perusahaan semakin baik program MT-nya. Seminggu pertama, MT akan mengikuti induksi perusahaan, semacam training yang menjelaskan mengenai profil perusahaan, budaya perusahaan dan achievement yang telah di raih serta visi-misinya. 

foto saat induksi karyawan.

Selain training bikin apa apa lagi? selain training, MT juga akan mengikuti proses on the job training. Apa itu on the job training? semacam olahraga hehehe. Becanda, jadi on the job training itu sebuah proses dimana kamu turut serta dalam bisnis proses salah satu departemen di perusahaan. Karena saya MT di PT. X core businessnya jualan mobil maka ujung tombak perusaan ini ada pada Departemen Salesnya. Alhasil on the job training a.k.a OJT jadi SALES atau Wiraniaga. Tahu gak? hari pertama OJT di kantor cabang, Saya mirip anak hilang, yang gak tau apa-apa karena semua orang ngomongin hal yang gak saya tahu ARTInya apa. Naasnya, istilah "wiraniaga" aja saya gak tahu x_x. Dipikiran saya wiraniaga itu mirip-mirip wiraswasta HAHAHAHA. IQnya jongkok banget ternyata.

Perasaan saya saat tahu bakal jadi Sales selama 3 bulan ituuu, DILEMA dan DEGDEGDEG!! Dan sedikit senang saaat direvisi jadi 1,5 bulan ibarat diskon 50% :D..

Oke, sekian dulu ceritanya.. kapan-kapan lagi yahhh...

You May Also Like

18 comments

  1. Mau tanya, seangkatan MT brp org?

    ReplyDelete
  2. untuk penerimaan Hadji Kalla ada 8 org, kalau kalla group kurang lebih 22 seingat saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims infonya, mau tnya lg klo boleh tau perusahaan yg mna sja di kalla group yg ada program MT nya?

      Delete
    2. waktu 2013 yang buka programnya Kalla group, trus MTnya ditempatkan di Hadji Kalla, Bumi sarana beton, bumi jasa utama, bumi lintas tama, kalla inti karsa, baruga asri nusa,. seingat saya perusahaan itu yang punya MT. Untuk tahun ini rekruitment MT diserahkan ke masing2 perusahaan dibawah kalla group.

      Delete
    3. Haii,, sorry commentnya gk sengaja tereject :(. Lg tes MT jg yah kamu? Udah sampe mana tesnya? Tipsnya sih banyakin doa, restu ortu, dan banyak baca trus jng stress.. Good luck yahh tes MTnyaa..

      Delete
    4. Haii,, sorry commentnya gk sengaja tereject :(. Lg tes MT jg yah kamu? Udah sampe mana tesnya? Tipsnya sih banyakin doa, restu ortu, dan banyak baca trus jng stress.. Good luck yahh tes MTnyaa..

      Delete
  3. Tdk apa2 kok hehhhe,,, Iya skrg lg proses tes, masih smpe toefl test nih. Semoga lancar2 amin ☺kira2 hbs tes toefl tes apa ya??

    ReplyDelete
  4. Tes psikologi sama tpa,, mt toyota kah?

    ReplyDelete
  5. Ohh gituuu,, anon siapa nmnyaa? Hihi..

    ReplyDelete
  6. Haiiiii vanilla ice cream:) ini anon yg kmrin. Akhirnya nemu blognya lg hehe

    ReplyDelete
  7. haii anon,, welcome again :).. gimana tesnya??

    ReplyDelete
  8. Sdh tes kesehatan. Wish me luck. Deg2an tggu pengumuman. Smga sjaa ya mbaa,,,,
    Tdk tau apa itu sdh tes akhir ato msh ada lg,,,

    ReplyDelete
  9. prepare aja non, segala kemungkinan bisa terjadi. wahh hebat, good luck :D

    ReplyDelete
  10. Iya mba,,soalx kmrin stlh wwncara hrd user trus tes psikologi akhir lgsg kesehatan,, mngkin msh ad wwncara/presentasi dpn direksi ya,,,
    Mhn doanya mba spy diberi yg trbaik hehe,,,,,,

    ReplyDelete
  11. Hehehhee,, semangat2.. Doa terbaikk buat kamuuu 😄

    ReplyDelete
  12. Hehehhee,, semangat2.. Doa terbaikk buat kamuuu 😄

    ReplyDelete
  13. 3 minggu lalu sdh tes direks,... wish me luck kak smga bsa kerja di kalla grup amin..,,,,

    ReplyDelete

Instagram