Think this before you getiing marry

by - 12:34:00 PM

Dalam ajaran islam, seorang perempuan wajib mendahulukan perintah suaminya kemudian perintah orang tuanya namun tidak demikian halnya dengan laki-laki. Mengapa demikian? karena suami telah mengucapkan perjanjian dengan Allah melalui ijab qobul.
Arti dari Ijab Qobul (sumber : facebook renungan dan kisah inspiratif) :
''Maka aku tanggung dosa2nya si dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yg telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yg berhubungan dgn si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yg menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku''.
Jika aku GAGAL?
''maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku''.
(HR. Muslim)

Sehingga setelah menikah, wali seorang perempuan adalah suaminya maka wajib hukumnya untuk mematuhi perintah suaminya. Untuk lebih jelas mengenai aturan dan kewajiban seorang istri kepada suami, silahkan baca di sini.
Sehingga sebelum memutuskan untuk menikah, maka pikirkanlah baik-baik mengenai hal ini "cintai ibu suamimu, jaga hatinya agar suamimu selamat dunia akhirat"
Kita sering mendengar atau bahkan mengalaminya, memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan ibu mertua. Beberapa contoh kasus seperti ibu mertua yang selalu mencampuri urusan keluarga, ibu mertua yang kolot, dan ibu mertua yang banyak menuntut. Kasus-kasus seperti itu banyak membuat beberapa menantu perempuan merasa tidak "berdosa" mengacuhkan ibu mertuanya, menolak mengunjungi ibu mertua, hingga membuat suaminya melupakan ibunya. naudzubillah. Semoga kita tidak seperti itu.
Bagaimanapun kondisi dan cara berfikir serta sikap ibu mertua, hendaknya kita selalu berbuat baik, menghormati dan mendoakan beliau. Perempuan memang diciptakan untuk dapat sabar, menahan ego dan bersikap lemah lembut. Jika suami anda membuat ibu mertua anda bersedih hingga meneteskan air mata, maka peran anda adalah mengingatkan suami anda. Anda harus mengingatkan suami anda untuk selalu berbakti pada kedua orang tuanya. Dan jangan pernah sekalipun membuat suami anda memilih antara anda atau kedua orang tuanya. Even kedua orang tuanya menurut anda bersalah. Selalu ada solusi yang baik tanpa harus meninggalkan mereka.

love her like you love your mother :)

You May Also Like

0 comments

Instagram