Review Buku : Diet Sehat Golongan Darah O

by - 10:05:00 AM


Kemarin waktu jalan-jalan ke Grahamedia M-TOS (Makassar Town Square), saya beli buku ini. Tadinya mau beli majalah, tapi karena dompet lagi seret-seretnya akhirnya niatnya dibatalkan. Buku ini jadi prioritas dulu. Ini buku pertama saya ditahun 2015, harganya 27.000. Buku ini kecil, cuma berisi 108 halaman pas lah buat jadi buku saku. 


Jadi buku ini hanya berisi keterangan dasar yang berkaitan dengan diet golongan darah, khususnya golongan darah O. Buku ini merupakan salah satu hasil dokumentasi dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. D'Adamo. Seri lain dari buku ini yaitu : Eat Right 4 Your Type, Cook Right for Your Type dan Live Right for Your Type. Buku-buku tersebut dapat menjelaskan bagaimana golongan darah berperan dalam penentuan jenis makanan, olahraga, kesehatan, penyakit, umur panjang, dan kestabilan emosi.

Pada intinya, buku ini berisi penjelasan singkat mengenai hubungan antara golongan darah dengan jenis makanan yang sesuai untuk dikonsumsi, penjelasan mengenai type golongan darah dan daftar makanan yang dibagi jadi 3 type : SANGAT BERMANFAAT, NETRAL dan HINDARI.

Keanehan dalam buku ini yang menimbulkan pertanyaan adalah ada jenis makanan yang dobel, misalnya soda udah dikategorikan SANGAT BERMANFAAT, namun pada kategori HINDARI segala macam soda juga dicantumkan. Kemudian di jenis daging dan unggas, daging penyu harus di HINDARI sedangkan pada menu makanan hasil laut, daging penyu masuk kategori NETRAL.

Dan yang menyenangkan dibuku ini selain hal aneh diatas, adalah bab terakhir yang menyajikan beberapa pertanyaan kemudian dijawab oleh penulis. Dan bab itu baru saya baca secara detil pagi ini. Saya akan berbagi apa yang saya pahami di "fyi blog" (blog baru saya)

Saya membeli buku ini bukan karena obsesi ingin langsing, tapi karena saya ingin belajar hidup sehat. Memperhatikan kesehatan tubuh adalah wujud dari tanggung jawab kepada diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Usia muda ini mestinya sudah saya isi dengan hal yang positif, salah satu pola hidup sehat, body and mind.



You May Also Like

0 comments

Instagram