Golongan Darah O

by - 1:55:00 PM

Klasifikasi golongan darah didasari oleh ada tidaknya antigen  pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan karena perbedaan protein dan karbohidrat yang terdapat pada membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang dikenal adalah ABO dan Rhesus (Rh). 

Berdasarkan judul postingan kali ini, kita akan membahas golongan darah O. Individu atau seseorang dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Bagi yang belum tahu, antigen adalah zat yang umumnya berupa protein yang merangsang pembentukan antibodi. Dilain kesempatan kita akan membahas seputar antigen-antibodi.

Sesuai janji saya dipostingan sebelumnya, saya akan mengulas mengenai diet golongan darah O dengan referensi utama buku "Diet Sehat Golongan Darah O" oleh Dr. D'Adamo. Pada halaman 85 buku ini terdapat Apendiks A dengan judul Sekilas Tentang Golongan Darah O. 

Orang dengan golongan darah O memiliki karakteristik seorang "Pemburu" yang didominasi oleh karakter yang kuat, percaya diri dan pemimpin. Yah ini jadi tagline yang patut jadi motivasi untuk orang-orang bergolongan darah O. 

Dalam buku ini dikatakan bahwa kekuataan yang dimiliki orang bergolongan darah O adalah saluran pencernaan yang kuat, sistem kekebalan yang kuat, pertahanan alami melawan infeksi, dan sistem dirancang untuk melakukan metabolisme dan menyimpan nutrien dengan lebih efisien. Kelemahan yang dimiliki adalah sulit menerima makanan dan lingkungan baru, dan sistem kekebalan dapat bereaksi berlebihan yang dapat merusak dirinya sendiri. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat berhati-hati dalam memilih makanan. Karena kelemahan kita yang bergolongan darah O sulit menerima makanan baru, maka dari itu saat akan mengkonsumsi suatu makanan untuk pertama kali sebaiknya dengan porsi sedikit untuk memberikan waktu kepada tubuh untuk beradaptasi.

Risiko kesehatan orang bergolongan darah O menurut Dr. D'Adamo dalah sebagai berikut :
  • Gangguan pembekuan darah, sehingga pada buku ini dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin K.
  • Penyakit peradangan misalnya artritis (radang sendi)
  • Produksi tiroid yang rendah. Tiroid merupakan salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat pada bagian leher dibawah laring. Kelenjar ini berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan mengatur sensitivitas terhadap hormon lain.
  • Tukak Lambung atau asam lambung yang berlebih sehingga orang dengan golongan darah O memiliki kecendrungan menderita maag.
  • Alergi
Sekian informasi kesehatan tentang golongan darah O, Salam sehat selalu.

You May Also Like

0 comments

Instagram