Letak Jerawat dan Cara Mengatasinya

by - 10:15:00 AM

Selamat pagi girls. postingan kali ini kita akan membahas mengenai jerawat atau acne. Referensi yang saya rujuk dari female daily dan pinterest. Saya percaya bahwa kita bisa menjadi dokter untuk diri kita sendiri, caranya adalah memperhatikan perubahan-perubahan pada tubuh dan kebiasaan kita.

Katanya di Amerika ada 85% orang yang pernah atau lagi terkena jerawat sementara di Indonesia sekitar 15 juta penduduk pernah menderita jerawat, perbandingan antara perempuan dan pria gak jauh beda.

Pada umumnya jerawat disebabkan oleh lima hal, diantaranya karena hormon, stres, infeksi mikroba, keturunan (gen) dan pola makan. Ada gambar menarik di pinterest yang mengelompokkan penyebab jerawat berdasarkan letaknya dibagian wajah.


Gambar 1 : 
Jika jerawat terdapat diseluruh area wajah, disarankan untuk mencuci muka dengan facial wash 2 kali sehari kemudian dilanjutkan dengan menggunakan milk cleanser dan toner. Untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghilangkan bekas jerawat, kita dapat memanfaatkan minyak kelapa (sebaiknya sih VCO atau virgin coconut oil) sebagai obat alternative. VCO ini juga pernah dibahas di dr. Oz indonesia loh.

Gambar 2 : Jerawat Batu
Jerawat ini ciri-cirinya menimbulkan rasa sakit, bisa sampai bengkak trus saat muncul dipermukaan kulit bisa merah dan emang jerawat ini yang paling ngeselin. Jangan sekali-kali dipegang karena bisa menimbulkan infeksi yang akan memperparah jerawat sebaiknya oleskan tea tree oil atau acne cream. 

Saya pernah menggunakan tea tree oil saat ada jerawat seperti ini, tea treenya The Body Shop. Menurutku tea tree ini hanya menghilangkan rasa gatal dan sakit. Dan sepertinya untuk penggunaan berulang kali gak terlalu ngefek. Jadi saya stop deh. Obat lain yang pernah saya coba itu : chlindamycin gel (warna oranye dan ungu), yang ungu sebaiknya dioleskan saat jerawatnya udah nongol (bengkak) sedangkan yang warna oranye kalau jerawat kamu masih didalam kulit tapi udah terasa sakit. btw di adik saya yang kulitnya kering kadang ada jerawat kecil kalo pas mau M aja, chlindamycin oranye ini bagus banget. Cuma dipakai malam hari, esoknya udah kering dan ilang pas cuci muka. Pengalaman saya, chlindamycin ini cuma ngefek untuk pemakaian se-tube pertama (sebulanan lah). Pemakaian selanjutnya enggak lagi -_-, sepertinya muka saya cepet bosen deh :D. Dan yang terakhir, obat yang buat saya salut, obat herbal buatan malaysia Gamat Gold G. kali ini saya cuma pakai ini aja, udah sebulan lebih dan muka saya udah mendingan. Trus semua cream udah saya buang. (lain kali deh saya bikin reviewnya Gamat ini). Bersabar aja kalau lagi ada jerawat jenis ini,

Gambar 3 : Jerawat di Dagu
Disebabkan karena ketidak seimbangan hormon, maka dari itu kurangi stress, hindari makan/ngemil sebelum tidur, cukup minum teh dengan mint (untuk efek relaksasi), dan kompress jerawat dengan air hangat.

Gambar 4 : Jerawat di pipi
sebaiknya bersihkan handphone, ganti/cuci sarung bantal, dan bersihkan kuas/spons bedak. Disarankan mengoles pasta gigi pada jerawat. Saya pernah baca yang ada kandungan fluoridenya, bukan yang gel.

Gambar 5 : Jerawat di Daerah Dahi/Jidat
Disarankan untuk banyak minum agar tubuh utamanya wajah tetap terhidrasi dengan baik, biasanya karena efek stress dan jika jerawat timbul saat kamu menggunakan shampoo yang berbeda dari biasanya sebaiknya kamu ganti shampo. Ada baiknya shampoo yang kamu gunakan mengandung zinc. 

Gambar 6 : Jerawat di Hidung
Hindari mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi (contohnya junk food), lakukan proses eksfoliasi dengan scrub (tapi jangan lakukan saat jerawat lagi meradang), kamu juga bisa menggunakan nose strips (plester komedo).

Gambar 7 : Jerawat di area atas bibir
area ini sensitif sehingga hindari menyentuh jerawat karena mudah terjadi peradangan, hindari makanan berminyak, kemungkinan disebabkan oleh lipstick atau lipbalm, aplikasikan baking soda dan air.

Yang bisa saya simpulkan, pelajari kebiasaan kamu. Mulai dari caramu membersihkan wajah, merawat, memilih produk perawatan dan make up, makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan barang-barang yang bersentuhan dengan kulitmu. Amati semua hal itu dan respon kulit kamu, kamu akan tahu apa yang mesti kamu lakukan untuk menjaga kesehatan wajah. Dan untuk membantu kamu belajar mengerti produk yang sesuai dengan jenis kulit, biasakan membaca review dari beberapa orang entah itu di sosial media, website atau blog pribadi. Dan cari tahu komposisi produk yang aman.



Okey sekian post kali ini, semoga bermanfaat!

You May Also Like

0 comments

Instagram