Produktif di Awal Hari

by - 10:22:00 AM

Good Morning Dear., 

Selamat pagi, semangat kah kita hari ini ?? semangat dong yah. Ada yang memulai pagi berkutat dengan laptop atau komputer entah dikantor, rumah atau kampus. Pastikan kita sehat dan bahagia sehingga kita bisa lebih produktif. Namun terkadang kita mengalami kesulitan memiliki pagi yang baik. Ada berbagai penyebab kita badmood pagi-pagi, entah karena macet, telat bangun, sakit perut, sensi karena PMS, ada orang yang nyebelin dan bla-bla lainnya yang membuat mood kita jadi berantakan. Jika hari ini kamu mengalami satu dari beberapa kejadian itu, maka jangan biarkan hal itu men-drive kita jadi gak produktif karena bad mood. Gimana caranya? saya share beberapa cara untuk mengingatkan kita agar bisa segera semangat dan melupakan mood yang tadi.

Tips ini based on pengalaman pribadi saya kalau lagi bad mood pagi-pagi atau kehilangan semangat kerja, berikut poin-poinnya :
  1. Ada baiknya kamu punya cermin yang bisa kamu bawa-bawa, gunanya bukan cuma ngecek make-up tapi juga memastikan kamu bisa melihat senyum kamu. Setiap kamu bete coba kamu tersenyum sama diri sendiri, kalau sulit coba bantu dengan dua jari. Letakkan jari telunjuk dan tengah di kedua ujung bibir trus tarik keatas, hal ini bisa membuat rileks loh. Tiap kali bete saya melakukan hal ini, seolah berteman dengan diri sendiri. Penting banget loh berteman dengan diri sendiri. :D

  1. Mengetik. Jadi kemarin saya bener-bener stuck dan gak bisa ngapa-ngapain dikantor. Saya bbm sahabat saya yang lagi kuliah diluar kota, Bilang kalo lagi defisit semangat, udah disaranin bla-bla tapi gak ngefek. Intinya hari itu malas. Jadi disela serius ngasih saran biar semangat, akhirnya dia cuma bilang "ya udah, gak usah kerja. kalau malasnya lagi akut yah mau apa lagi". Finally dia nyerah menyemangati saya. Kami lanjutkan chat dan membahas hal lain. Tiba-tiba dia nyeletuk "daripada kamu gak ngapa-ngapain mending bantuin saya ngetik jurnal, wait saya emailin yah". Dan saya ngikut saja, buka email trus download jurnal yang mau diketik, saat ngetik saya juga membaca jurnalnya dan ternyata isi jurnalnya bagus, nambah ilmu banget. Sambil ngetik, saya bisa nambah ilmu dan nambah vocab dan semakin lama saya merasa semangat kerja saya pulih. Setelah ngetik satu halaman lebih dikit, saya berhenti dan senyum karena semangat lagi. Ternyata otak cuma kelelahan dari mikir, jadi saat ngetik kita bikin otak relaks. Sadar gak sih, menghindari pekerjaan karena alasan malas hanya akan menambah tekanan dan ini membuat kita tertekan hingga stress. Jadi saat defisit semangat, segera lakukan stretching otak dengan mengetik atau membaca hal-hal ringan yang bermanfaat. Ada banyak banget jurnal yang bersifat ilmiah (trusted) yang bisa ngedukung pekerjaan atau kuliah atau kehidupan kita. Saya serius, seperti jurnal yang dikirimin temen saya, judulnya "Business, Ethics, and Leadership in a Post Enron Era"by Al Gini, Loyola University Chicago. Baca halaman 14 tentang Trust.
  2. Buka youtube, dan temukan video yang bisa menginspirasi kamu untuk berkarya. Misalnya saya nih, sekarang lagi suka desain grafis, dekorasi, dan make up tutorial. itu bisa boost mood kamu untuk kembali semangat dan back to work.
  3. Buka youtube lagi, in case kamu bad moodnya karena marah, saya saranin nonton video lucu yang mengedukasi seperti stand up komedi atau mesakke bangsaku. kebetulan saya suka sama pandji, karena dia smart. Kalo list video lucu kamu abis, kamu bisa buka tentang dr. Zakir Naik. Coba kamu nonton video tentang seorang muallaf Australia, dia menceritakan pengalamannya dengan menarik dan santai. Kenapa video religius? agar kamu mudah meredam amarah.
  4. Minum air putih dan makan pisang., selain sehat hal ini juga membantu kamu lebih bahagia. karena ada zat triptofan dan asam amino yang bisa meningkatkan hormon serotonin sehingga mampu memperbaiki suasana hati.
  5. Atur nafas, inhale-exhale. Kamu bisa mencoba hal ini, kamu narik nafas dalam-dalam dan rasakan oksigen memenuhi paru-paru dan bayangkan itu seperti proses isi ulang energi, terutama proses pembersihan kepala. Setelah itu hembuskan dan bayangkan seluruh hal negatif keluar. 
Oke, seperti tips dari saya semoga kita bisa lebih produktif dan jadi perempuan yang beguna untuk diri dan orang sekitar serta lingkungan. aamiin :D

You May Also Like

0 comments

Instagram