25 Alasan Kenapa Berat Badan tidak kunjung Berkurang

by - 12:57:00 PM

image from here
Siang ini saya menemukan artikel yang sangat bermanfaat tentang berbagai alasan kenapa seseorang gagal dalam menurunkan berat badannya. Ada 25 alasan yang menjadi penyebab seseorang masih saja mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan. Berikut saya simpulkan 25 alasan berdasarkan artikel "The Top 25 Reasons You Aren't Losing Weight"
dari www.popsugar.com :

1. Tidak minum cukup Air
Air tidak hanya membuat tubuh terhidrasi tapi juga berdasarkan study terakhir air dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan. Minum air sebelum makan dapat mengontrol porsi makan seseorang, begitu pula dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan air sepeti buah dan sayuran dapat membuat perut kenyang lebih lama. Bahakan ada study yang mengatakan bahwa minum air dingin dapat meningkatkan metabolisme.

2. Olahraga kurang dari 30 menit sehari
Terkadang kita merasa cukup dengan berjalan-jalan selama 15 menit daripada tidak melakukannya sama sekali, namun dengan hanya melakukan hal tersebut, jangan berharap akan mendapatkan hasil yang dramatis seperti jarum timbangan akan bergeser ke kiri. Anda harus berusaha keras dalam waktu minimal 30 menit setiap hari dengan melakukan olahraga yang dapat membakar lemak secara cepat seperti berlari, spin class, sirkuit training, interval training dan mendaki.

3. Konsumsi makanan sehat dalam porsi besar
Alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan makanan sehat lainnya memanglah sangat bermanfaat tapi bukan berati kita dapat mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan karena kalori yang dimilikinya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tetap perhatikan porsi dari apapun yang kita konsumsi, contohnya alpukat yang mengandung 200 kalori lebih.

4. Hanya melakukan olahraga Cardio
Ingat bahwa olahraga beban dapat meningkatkan metabolisme dan mampu membentuk otot, jadi kombinasikan latihan cardio dengan latihan beban untuk memaksimalkan proses penurunan berat badan.

5. Berolahraga dalam keadaan perut kosong
Saat olahraga dalam keadaan perut kosong maka tubuh akan memperoleh kalori dari otot dan bukannya lemak. Sedangkan kita membutuhkan otot untuk membakar lemak yang dalam tubuh. Memiliki cadangan  makanan diperut tidak hanya menghindarikanmu dari kehilangan otot tapi juga membantumu fit untuk melakukan olahraga lain yang membutuhkan banyak energi. Sebaiknya konsumsi makanan sehat sejam sebelum olahraga atau meminum kopi. Cafein dapat memaksimalkan pembakaran lemak saat olahraga.

6. Pasangan tidak memberikan support
Akan percuma jika kamu mencoba pola hidup sehat namun pasangan melakukan hal sebaliknya. Cobalah untuk berdiskusi dan meminta dukungan darinya agar kalian dapat hidup sehat bersama

7. Diet makanan berat
Diet bukan berarti menghindari seluruh makanan karena hal ini dapat membuat tubuh anda kekuragan gizi, yang seharusnya dilakukan adalah mengontrol porsi makanan. terkadang bukan pasta yang membuat anda gemuk tetapi jumlah pasta yang anda masukkan ke perut.

8. Tidak cukup tidur
Kurang tidur akan mengacaukan fungsi metabolisme tubuh yang berefek pada jumlah makanan yang anda konsumsi. selain itu, kurang tidur dapat memicu stress yang berujung pada ketidak seimbangan hormon yang dapat membuat anda mengalami gangguan pencernaan dan berujung pada kenaikan berat badan.

9. Tidak mengkonsumsi cukup sayur
Sebaiknya anda mengkonsumsi 7 varian buah dan sayur setiap harinya, karena serat yang terkandung dalam makanan ini dapat membuat anda kenyang lebih lama.

10. Makan dalam keadaan berdiri
Makan sambil berdiri depan kulkas atau sambil melakukan hal lain dapat membuat anda makan tanpa berfikir sehingga anda dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi berlebih. Sebaiknya anda menyiapkan waktu khusus untuk makan dan tidak memikirkan hal lain selain makanan.

11. Menggunakan pakaian kelonggaran
Terkadang karena anda terbiasa dengan pakaian yang kebesaran sehingga anda tidak memperhatikan bentuk tubuh anda yang sebenarnya.

12. Diet setengah hati
Meskipun anda memiliki professional trainer, diet plan dan sebagainya namun jika anda melakukannya dengan setengah hati, hal tersebut tidak akan berdampak besar pada apa yang anda tuju. Sebaiknya anda harus memiliki komitmen penuh terhadap apa yang anda rencanakan.

13. Ketagihan Bumbu dan Topping
Jika anda mengkonsumsi salad yang notabenenya adalah makanan sehat, namun anda menambahkannya dengan toping seperti daging, keju, mayonaise dan makanan tinggi kalori lainnya. Hal ini akan membuat bobot tubuh anda malah semakin bertambah.

14. Melewatkan sarapan
Melewatkan sarapan mungkin membuat anda berfikir akan mengurangi calori yang masuk namun hal ini dapat membuat tubuh anda menjaga lemak dalam tubuh karena merasa lapar. Untuk itu konsumsilah sarapan yang sehat untuk membuat anda up dan tidak kehilangan akal saat makan siang.

15. Tidak melatih "control portion"
Berlatihlah untuk mengontrol segal hal yang masuk ke perut dan kunyah makanan tersebut perlahan. Hal ini dapat memudahkan anda untuk menangkap signal kenyang dan segera menghentikan makan.

16. Makan tanpa berfikir
Hal ini terkait dengan beberapa poin sebelumnya, saat anda makan tanpa berfikir, hal tersebut akan membuat anda makan tanpa memperhatikan apa dan berapa makanan yang masuk ke perut.

17. Tidak memotong-motong makanan
Memotong makanan ke bentuk yang lebih kecil akan memudahkankan anda dalam mengunyah dan mencegah anda makan dalam porsi yang lebih besar.

18. Masih minum soda
Menurut study, seseorangan yang minum dua gelas soda atau lebih memiliki 500% kemungkinan overweight daripada orang yang tidak mengkonsumsi soda, meski itu adalah soda diet.

19. Tidak mengkonsumsi makanan dalam porsi "cukup"
Hal ini akan membuat anda memakan makanan dalam porsi lebih besar di waktu makan selanjutnya atau membuat anda mengemil cemilah dalam jumlah besar.

20. Melupakan waktu bersenang-senang
Jika anda tidak meluangkan waktu untuk bersenang-senang seperti hangout dengan teman melakukan hobby dan lain sebagainya, memungkinkan anda mengalami stress yang berujung pada emotional eateng atau makan pada saat stress. Sebaiknya luangkan waktu anda untuk berbelanja, mendaki, berjalan-jalan yang mana hal ini dapat membantu anda membakar lemak secara alami.

21. Terlena dengan makanan rendah kalori
Makanan ini hanya akan menipu anda sehingga anda ketagihan dan membuat anda mengkonsumsinya dalam jumlah besar. Lebih baik anda mengkonsumsi makanan alami yang sehat dibandingkan makanan yang memiliki kandungan kimia yang tidak sehat.

22. Tidak membuat "Jurnal Makanan"
Seseorang yang menulis apa saja yang dimakannya dalam sebuah jurnal memiliki potensi lebih besar untuk mencapai tujuan dietnya.

23. Kebiasaan makan malam di luar
Kebiasaan makan malam di restoran dapat membuat anda mengkonsumsi makanan tidak sehat dalam porsi besar. Sebaiknya ketika anda di restaurant, pesanlah salad dan ayam panggang.

24. Tidak pernah memuaskan diri
Diet bukan berarti menyiksa diri anda secara terus-terusan, anda dapat memberikan hadiah pada diri anda berupa a slice cake. Cake tersebut tidak akan memberikan efek yang luar biasa jika anda telah melakukan diet dalam waktu lama.

25. Mengkonsumsi snack yang salah setelah berolahraga
Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan atau snack yang mengandung tidak lebih dari 150 kalori. Jadi perhatikanlah berapa kalori snack yang akan anda konsumsi setelah berolahraga agar kalori yang telah anda bakar tidak sia-sia.

image from here
image from here


You May Also Like

0 comments

Instagram