Bunga Masamba, childhood's memory...

by - 5:44:00 PM




all pics from pinterest with keyword "Hydrangea"
Saya memiliki seorang ibu yang punya ikatan batin dengan tanaman hias terutama seluruh jenis anggrek. Saking kuatnya ikatan antara ibu saya dan anggreknya, kami pernah dilarang menginjak halaman karena lupa menyiram anggreknya. Padahal anggrek itu tidak mati bahkan tidak layu sedikitpun. Yap, saat itu saya berfikir "ibu-ibu ini terlalu drama" :D.

Meski addicted dengan anggrek, si mama juga memelihara bunga yang menurutnya masuk akal dan memiliki penampakan yang menarik. Setelah saya perhatikan, mama ternyata lebih tertarik dengan tanaman hias yang tak memiliki bunga melainkan memiliki daun yang bercorak atau berbentuk "lucu", meski kata yang digunakan mama bukan "lucu". Contoh tanaman favoritnya adalah kuping gajah, "palang pisang" btw saya cari nama ini di google tapi gak nemu gambar yang sesuai dengan yang saya maksudkan, fyi palang pisang adalah nama yang sering disebutkan oleh mama saya :D, tanaman batik, sri sejeki, tanaman yang daunnya ungu tua, tanaman yang daunnya coklat, tanaman yang daunnya putih dan banyak lagi yang saya tidak tahu namanya :D.

Tanaman yang berbunga milik mama antara lain, bunga bungur (versi yang kecil), kembang sepatu, bunga kamboja, nerium oleander, dan bunga masamba. Bunga masamba adalah bunga favorit saya, dari sekian banyak bunga yang ada di halamn rumah, bunga ini adalah adik saya. Saya punya rasa kepemilikan yang tinggi dengan bunga ini. Karena bunga ini, saya rela tidak ikut bermain dengan anak tetangga demi menemani mama merawat bunga-bunganya.

Namun setelah saya meninggalkan rumah, saya tidak pernah lagi berjumpa dengan bunga ini, entah di parepare maupun di makassar. Seminggu yang lalu, sebelum mudik saya cerita ke adik kalau ingin sekali menanam bunga masamba tapi tidak tahu dapat tanamannya dimana. Lalu si adik nyeletuk, "tuh di rumah banyak berserakan", tadinya saya mengira bunga tersebut sudah punah di rumah ternyata tak terlihat saja karena tak pernah berbunga lagi. 

Jika sudah dapat tempat tinggal yang memungkinkan, saya ingin menanam bunga ini. Bunga masamba adalah nama yang digunakan di Sulawesi, nama ilmiahnya adalah Hydrangea dan di Indonesia dikenal dengan nama Hortensia. Nama bunga ini berbeda-beda di tiap daerah. Bunga ini dapat berganti warna sesuai tingkat keasaman tanahnya. Jika ingin mengetahui banyak hal tentang bunga ini, kamu bisa mengetikkan keyword "Hydrangea atau Hortensia" di mesin pencari :D. Oke see you in next post, semoga bisa kejadian nih tanam bunga di makassar., kota yang entah kenapa berasa deket banget sama matahari :D

You May Also Like

0 comments

Instagram