Tentang Buku dan Membaca

by - 11:44:00 AM

source here
Kamu suka membaca?, ini pertanyaan yang umum banget ditanyakan. Untuk pertanyaan yang masih jarang ditanyakan "Kamu suka buku?", karena mungkin untuk beberapa orang beranggapan bahwa jika suka baca buku besar kemungkinan bakal suka membaca. Namun akhir-akhir ini saya menyadari bahwa bisa saja ada orang yang sebenarnya cuma suka buku ketimbang membaca begitupun sebaliknya. Kenapa bisa mikir seperti itu? karena melihat tumpukan buku yang belum saya baca bahkan masih tersegel plastik.
Selain rasa bersalah, saya juga menyadari kalau ketertarikan dengan buku ternyata sangat besar ketimbang membacanya. Thats why bisnis buku masih punya harapan besar untuk bersaing dengan kompetitornya seperti media online *ehh, malah bahas proyeksi bisnis buku *maaf.

source here
Sekarang kita kembali pada "membaca", jika orang bertanya soal membaca maka kita akan mengaitkannya dengan buku padahal sebenarnya membaca itu sangat luas. Definisi Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Seiring perkembangan teknologi, media tulisan semakin beragam. Apakah statement "Orang Indonesia masih malas membaca" masih berlaku saat ini? jika ditilik lebih dalam masyarakat kita sangat senang membaca bahkan ada yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah objek bacaannya, apakah materi yang berkualitas atau celotehan tidak bermutu yang banyak beredar di media sosial. Untuk adik-adik sayang, kurang-kuranginlah itu :D.

source here
Sedangkan ketertarikan dengan benda yang namanya buku, sepertinya untuk beberapa orang merasakan hal yang hampir sama entah dia sangat suka membaca atau tidak. Beberapa teman sering mengatakan ketertarikannya pada toko buku, sampul, wangi kertas, sensasi menyentuh dan membolak-balikkan tiap halaman, tebal-tipisnya dan banyak lagi yang tidak bisa dijelaskan. Ternyata orang yang sangat suka buku disebut sebagai Bibliophile. Dan kecintaan pada buku disebut Bibliophilia. Dan yang over sukanya sama buku disebut Bibliomaniacs. Apakah saya dan kamu termasuk bibliophile? :D.

Bagi saya proses membaca buku adalah surga tersendiri yang sangat banyak manfaatnya. Dengan membaca saya merasa seluruh indera saya aktif, saya tidak membiarkan pikiran saya berkeliaran tak jelas tanpa tujuan, saya memperkaya diri saya dengan pengalaman dan pengetahuan dari apa yang saya baca dan menumpuk ide serta rencana eksekusi yang lebih detail.

Setelah melihat tumpukan buku yang belum dibaca sama sekali dan yang belum diselesaikan, saya memutuskan untuk memasukkan "membaca" di to do list saya setiap hari, mau di kantor atai di kamar agar tidak lupa. Setidaknya tumpukannya bisa berkurang sedikit demi sedikit. 

BHR (Bacaan Hari Raya) :D
Karena gak biasa beli baju baru buat hari raya jadinya milih buat beli buku. Waktu main ke gramed kemarin saya menemukan empat buku ini, karena lagi fokus buat manage keuangan akhirnya dua buku tentang financial dibawa ke kasir. Setelah difoto baru sadar kalau warna sampulnya lucu banget :D. Dengan nambahnya empat buku ini, akhirnya to read list (TRL) semakin panjang. Untuk kamu yang punya TRL, semangat membaca yah ! See ya in the next post :D


You May Also Like

0 comments

Instagram